cover
Contact Name
muhdar
Contact Email
jilkominfo.aikom@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jilkominfo.aikom@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika
ISSN : 26214962     EISSN : 26214970     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Informatika merupakan wadah untuk para guru, akademisi dan praktisi dalam menyebarluaskan artikel ilmiah pada bidang ilmu komputer dan informatika agar bermanfaat bagi masyarakat. Artikel ilmiah ini diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Juli" : 5 Documents clear
Perancangan Antena Radio HF NVIS pada frekuensi 10 MHz menggunakan Aplikasi MMANA Rosihan .; Saiful Do. Abdullah; Syarifuddin Kapita; Adelina Ibrahim
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v5i2.155

Abstract

Abstrak: Jaringan tanpa kabel (Nirkabel) atau sering dikenal dengan WI-FI ini berkembang sangat pesat dengan memanfaatkan daya jangkau sinyal yang besar dalam ruangan, ataupun luar ruangan dengan jangkuan yang sangat jauh. Komunikasi radio HF Near Vertical Incident Skywave (NVIS) mampu mengatasi skip zone sehingga tidak mempengaruhi kwalitas pancaran, apakah padang rumput, hutan lebat, lereng gunung dan sebagainnya. NVIS adalah pemantulan satu kali oleh lapisan F/F2 ionosfer, dengan pancaran (sinyal) radio untuk komunikasi HF dengan memancarkan sudut pancaran yang nyaris tegak lurus (Near Vertical) ke atas mendekati 90 º.[1]. MMANA adalah software untuk mensimulasi antenna yang dibuat oleh JE3HHT - Makoto Mori, DL1PBD - Alex Schewelew & DL2KQ – Igor Gontcharenko.   Program software MMANA-Antenna Analyzer pertama kali diciptakan oleh Macoto Mori – JE3HHT, seorang amatir radio dari Jepang (10 Januari 1999). Kemudian dikembangkan oleh Alex Schewelew (DL1PBD) dan Igor Gontcharenko (DL2KQ) keduanya amatir radio dari German.[3] Menggunakan software MMANA kita dapat menghitung secara tepat berapa ukuran antenna yang harus kita bangun untuk bekerja pada frekuensi tertentu yang match dan baik. Hasil yang di harapkan dari penelitian ini adalah  simulasi perancangan antena radio HF NVIS dapat dipakai untuk komunikasi jarak dekat yag terlewati (Skipzone) dan mmapu digunakan di daerah yang sulit dijangkau sinyal.Kata kunci: Frekuensi 10 MHz, Anlisis aplikasi MMANA, Radio HF NVISAbstract: Wireless network (Wireless), often known as WI-FI, is overgrowing by utilizing a large signal coverage indoors or outdoors with a very far reach. HF Near Vertical Incident Skywave (NVIS) radio communication can overcome the skip zone so that it does not affect the quality of the beam, whether it is grasslands, dense forests, mountain slopes, and so on. NVIS is a one-time reflection by the ionospheric F/F2 layer, with a radio beam (signal) for HF communication by emitting a near vertical beam angle upward approaching 90 º. MMANA is a software for simulating antennas created by JE3HHT - Makoto Mori, DL1PBD - Alex Schewelew & DL2KQ – Igor Gontcharenko. Macoto Mori first started the MMANA-Antenna Analyzer software program – JE3HHT, a radio amateur from Japan (10 January 1999). It was later developed by Alex Schewelew (DL1PBD) and Igor Gontcharenko (DL2KQ), both radio amateurs from Germany. Using MMANA software, we can calculate precisely how much antenna size we have to build to work at a specific frequency that matches and is good. The expected result of this research is a simulation of the design of an HF NVIS radio antenna that can be used for short-range communication that is skipped (Skipzone) and used in areas that are difficult to reach signals.Keywords: Frequency 10 MHz, MMANA application analysis, HF NVIS Radio
Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Seleksi Pengangkatan Karyawan Tetap pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Sawahlunto Dede Wira Trise Putra; Intan Sri Oktavia; Ganda Yoga Swara; Eva Yulianti
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v5i2.147

Abstract

Abstrak: Peningkatkan kinerja karyawan dilakukan dengan melakukan seleksi karyawan tetap dalam periode tertentu dan dilakukan secara internal. Permasalahan yang ditemukan dalam proses penilaian kinerja pegawai adalah pengangkatan karyawan harian menjadi karyawan tetap dengan prosedur penilaian langsung yang dilakukan oleh pimpinan. Salah satu masalah dengan metode yang digunakan adalah hasil penilaian beberapa karyawan yang tidak jauh berbeda dari beberapa kriteria penilaian. Sistem Pendukung Keputusan pengangkatan karyawan harian menjadi karyawan tetap merupakan suatu sistem yang mampu memberikan evaluasi kinerja pegawai yang akan dipromosikan. Proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dalam sistem pendukung keputusan dapat digunakan untuk perencanaan terpadu untuk mengecilkan tingkat resiko kesalahan dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah Multi-Attribute Utility Theory yang memecah suatu masalah ke dalam beberapa sub sistem dengan kriteria acuan perhitungan adalah usia, lama bekerja, pendidikan, absensi, sertifikat pelatihan, pengetahuan pekerjaan, dan kerjasama. Sistem Pendukung Keputusan yang dirancang dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi pengambil keputusan untuk menentukankaryawan harian yang layak diangkat menjadi karyawan tetap dengan hasil perhitungan menggunakan nilai tertinggi.Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Multi-Attribute Utility Theory, KaryawanAbstract: Employee performance improvement is carried out by selecting permanent employees for a certain period and is carried out internally. The problem in the employee performance appraisal process is the appointment of daily employees to become permanent employees with a direct assessment procedure carried out by the leadership. One of the problems with the method used is that the assessment results of some employees are not much different from some of the assessment criteria. The Decision Support System for the appointment of daily employees to become permanent employees is a system that can provide an evaluation of the performance of employees who will be promoted. A faster decision-making process in a decision support system can be used for integrated planning to reduce the risk of errors in decision-making. The method used is the Multi-Attribute Utility Theory which breaks down a problem into several sub-systems the calculation reference criteria are age, length of work, education, attendance, training certificates, job knowledge, and cooperation. The designed Decision Support System can be used as a recommendation for decision makers to determine daily employees eligible to be appointed as permanent employees with the calculation results using the highest value.Keywords: Decision Support System, Multi-Attribute Utility Theory, Employees
Sistem Informasi Kasir Unit Pelayanan Jasa SMKN 1 Cerme Berbasis Website Dengan Metode Waterfall Angga Mahditya Indra Pratama; Umi Chotijah
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v5i2.149

Abstract

Abstrak: Penggunaan sistem informasi kasir memungkinkan untuk mempermudah proses transaksi pada Unit Pelayanan Jasa SMKN 1 Cerme. Di karenakan belum terdapat sistem informasi kasir untuk melakukan transaksi sehingga dilakukan dengan cara manual hal ini yang menjadi hambatan kinerja Kasir Unit Pelayanan Jasa SMKN 1 Cerme. Pada penelitian ini peneliti menghasilkan sebuah sistem informasi kasir Unit Pelayanan Jasa SMKN 1 Cerme untuk membantu layanan transaksi yang cepat dan pendataan yang akurat dan detail. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode waterfall. Metode waterfall menggambarkan pendekatan yang sistematis juga berurutan terhadap pengembangan software,Langkah Langkah dalam metode ini yaitu, Analisis kebutuhan, Perencanaan, Pemodelan, Developing,Testing,dan Maintenance. Sistem informasi ini dibuat menggunakan bahasa pemerograman PHP, dengan MySql sebagai databasenya.Kata kunci: Sistem,Kasir,WebsiteAbstract: Using a cashier information system simplifies the transaction process at the Service Unit of SMKN 1 Cerme. This is because there is no cashier information system to carry out transac-tions, so it is done manually; this is an obstacle to the performance of the Cashier of the SMKN 1 Cerme Service Unit. The researchers produced a cashier information system for the Service Unit of SMKN 1 Cerme to assist in fast transaction services and accurate and detailed data collection. The method in this research is using the waterfall method. The waterfall method de-scribes a systematic and sequential approach to software development. The steps in this meth-od are requirements analysis, planning, modeling, developing, testing, and maintenance. This information system is made using the PHP programming language, with MySql as the data-base.Keywords: System, Cashier, Website
Penerapan Teknik Swiching Untuk Kendali Motor Dc Dua Pole Pada Pintu Otomatis Berbasis Sensor Gerak Dan Arduino Seh turuy; M Kasyif Gufran Umar; Abjan Samad
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v5i2.150

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi begitu cepat sehingga dapat mempengaruhi tatanan kehidupan. Kehadiran teknologi informasi tak lain adalah untuk dipergunakan dalam membantu menyelesaikan pekerjaan manusia. Teknologi informasi bidang kontrol dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti pintu automatis, lif, escalator dan lain sebagainya. Namun, dalam implementasinya menjadi sebuah tantangan yang harus dipertimbangkan dalam penggunaan perangkat yang diperlukan. Perangkat yang dimaksud seperti penggunaan motor yang perlu diperhatikan terhadap konsumsi daya, system embed mudah di maitenace, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian adalah mendesain sistem sensing yang dapat mendeteksi pergerakan orang dengan mengunakan pendekatan teknik swicing serta komponen Arduino, sensor PIR, dan relay untuk membangun sistem pintu otomatis dengan hanya mengunakan motor DC dua pole. Tahapan riset ini mengunakan dua scenario untuk menentukan motor DC berputar mengatur pintu buka dan tutup. Skenario pertama motor diatur berputar serah jarum jam yang merupakan reprentasi pintu terbuka. Skenario kedua motor diatur berputar berlawanan arah jarum jam yang merupakan reprentasi pintu tertutup. Hasil dari penelitian menujukan apabila sensor PIR mendeksi manusia maka Pin 4 arduino terhubung ralay1= 1 volt, dan pin 5 arduino terhubung relay2 = 0 volt sehingga motor DC dapat berputar searah jarum jam. Jika sensor PIR tidak mendeteksi manusia maka Pin 4 arduino terhubung ralay1= 0 volt, dan pin 5 arduino terhubung relay2 = 1 volt sehingga motor DC dapat berputar berlawanan jarum jam.Kata kunci: Teknologi Informasi, Sitem Kontrol, Pintu Otomatis, ArduinoAbstract: The development of information technology is so fast that it can affect the order of life. The presence of information technology is none other than to be used to help complete human work. Information technology in the control field can be found in everyday life, such as automatic doors, lifts, escalators, etc. However, its implementation becomes a challenge that must be considered in using the necessary tools. The devices in question are the use of motors that need to be considered for power consumption; the embed system is easy to maintain, and so on. This research aims to design a sensing system that can detect the movement of people by using a switching technique approach as well as Arduino components, PIR sensors, and relays to build an automatic door system using only a two-pole DC motor. This research stage uses two scenarios to determine how the DC motor rotates to regulate the door opening and closing. The first scenario is that the motor is set to turn clockwise, which represents an open door. The second scenario is that the engines rotate counterclockwise, which means a closed door. The study results show that if the PIR sensor detects humans, Pin 4 of Arduino is connected to relay1 = 1 volt, and pin 5 of Arduino is connected to relay2 = 0 volts so that the DC motor can rotate clockwise. If the PIR sensor does not detect humans, then Pin 4 of Arduino is connected to relay1 = 0 volts, and pin 5 of Arduino is connected to relay2 = 1 volt so that the DC motor can rotate counterclockwise.Keywords: Information Technology, Control System, Automatic Door, Arduino
Perancangan Prototype Sistem Informasi Penyewaan Mesin Fotocopy Pada CV. Faida Gemilang Bekasi Achmad Munawar; Erick Harlest Budi R; Lisa Setiyowati
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v5i2.152

Abstract

Abstrak: Di era globalisasi saat ini, kebutuhan akan teknologi informasi dalam kegiatan bisnis mutlak diperlukan. Selain dapat meningkatkan pengolahan informasi data dari segi efisiensi waktu dan dokumen. Juga dapat menjadi media promosi dan memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi bisnisnya. Apalagi dengan kondisi saat ini dimana pandemi sangat membatasi mobilitas manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, yang pada akhirnya menuntut pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. CV. Faida Gemilang memiliki rencana untuk mengalihkan transaksi dari sistem yang sepenuhnya offline ke sistem berbasis online yang akan memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang produk yang ditawarkan, daripada melakukan transaksi dari pemesanan hingga pembayaran. Begitu juga dalam hal pengelolaan informasi produk yang ditawarkan serta pengelolaan data atau dokumen untuk pemesanan dan pembayaran untuk pengelolaan laporan sewa. Dengan beberapa proses dalam diagram UML seperti Use Case, Activity Diagram, Entity Relation Diagram, dan perancangan sistem prototype yang terkomputerisasi dan berbasis web, memberikan gambaran tentang proses pengembangan web selanjutnya dengan bahasa pemrograman seperti PHP, sewa mesin fotocopy dengan sistem online lebih hemat dan aman.Kata kunci: Perancangan Sistem Informasi, Penyewaan fotocopi, transaksi Berbasis WebAbstract: In the current era of globalization, the necessity of information technology in business activities is essential besides improving data information processing in terms of time and document efficiency. It can also be a promotional medium, making it easier for users to carry out business transactions. Especially with the current conditions where the pandemic has severely restricted human mobility in daily work, ultimately demanding a job that can be done online. CV. Faida Gemilang plans to switch the transactions from an utterly offline system to an online-based system that will make it easier for consumers to get information about the products offered, rather than making transactions from ordering to payment. Likewise, in terms of managing product information provided and managing data or documents for ordering and payment for managing rental reports. Some processes in the UML diagram, such as Use Case, Activity Diagram, Entity Relation Diagram, and the design of a computerized and web-based prototype system, provide an overview of the following process of developing the web by programming languages such as PHP, the photocopy machine rental with an online system is more efficient and secure.Keywords: Information System Design, Photocopy Rental, Web-Based Transactions

Page 1 of 1 | Total Record : 5